Followers

Thursday, September 23, 2010

MASIH INGATKAH KAWAN MAINAN TEMPO DOELOE??

[ Rabu, 22 September 2010 @ kamar rumah, diatas ari-ari di tanam.]

(Terinspirasi dari film pendek berjudul “Hong” garapan sineas muda yang aku tak sempat tahu namanya. Film tersebut menjadi salah satu finalis dalam Eagle Award. “Hong” dalam film tersebut adalah permainan rakyat di masyarakat Sunda yang sering lebih dikenal dengan “Petak Umpet”. Film inspiratif ini bercerita tentang upaya masyarakat Sunda dalam melestarikan bermacam-macam permaianan rakyat yang saat ini mungkin sudah mulai dilupakan oleh kebanyakan orang. Padahal dalam berbagai permainan rakyat itu sebenarnya mengandung bermacam nilai-nilai pendidikan.)

Kawan, masih ingatkah kalian tentang permainan “SUDAMANDA”? Ada juga yang menyebut “ENGKLEK”. Jangan-jangan kalian malah baru mendengar kali ini. Kalau itu tak tahu, coba yang ini : “MEMBELA”? kalian pasti tambah mengerutkan kening mendengarnya? Kalau ditempat kalian mungkin lebih dikenal dengan “petak umpet”. Kalau di kampungku, temen-temenku waktu kecil dulu lebih seneng menyebutnya “membela”. Kalau petak umpet saja belum pernah main, mungkin kalian terlalu kebablasan jaman kawan. Atau boleh lah kalau kalian menganggapku yang terlalu kampungan. Ada juga dulu di kampungku permaianan “BENTENGAN”, belum pernah denger juga kan? Kalau lagi main ini, kejar-kejaran bisa sampai kampung tetangga buat nangkap musuh.

Bagi kalian yang masih belum berhasil menemukan kosakata-kosakata tadi dalam memory masa kanak-kanak, mari saya ajak mencari permainan yang lain. Yah ini dia, “CUBLAK-CUBLAK SUENG”. Lucu kan nama permainannya? lagunya mungkin diantara kalian ada yang masih ingat. Ada lagi nih permainan yang lain, kalau ditempatku dulu sering disebut “UDING”. Makanan apa lagi itu??? Itu lho yang pakai tali terus dilompati. Kalau ditempatku dulu temen-temen seneng merangkai karet gelang sampai panjang untuk dipakai mainan UDING. Kampungan sekali bukan?

Baiklah kalau semua itu terlalu kampungan, coba saya cari yang agak sedikit tidak kampungan. Kalian pernah main “GOBAG SODOR” kawan? Nah tu, mulai senyum dikit kan. Harusnya ada diantara kalian yang pernah main. Atau yang satu ini : “ULAR-ULARAN”. Itu lho yang mainnya baris, yang belakang megang bahu depannya terus paling depan jadi kepala ular berusaha menyentuh ekor paling ujung dari musuh. Kalau biasanya yang terakhir ini di outbond masih sering dipakai.

Kalau dari semua tadi kalian tak ada yang kenal satupun, menurut saya ada dua kemungkinan. Pertama, kalian anak kecil yang belum hidup di awal era 90-an. Atau yang kedua, kalian hidup di kota metropolitan, tinggal di perumahan yang sejak lahir hanya melihat gedung dan rumah berjejalan, mungkin saja juga tidak kenal tetangga kiri kanan.

Terakhir saya mau minta tolong nih sama kawan-kawan. Kalau diantara kalian ada yang sempat melihat permainan kayak gitu, tolong donk di rekam. Saya pengen buat semacam dokumenter. Kalau anak-anak sekarang tidak mau lagi mainan kayak gitu, yah paling tidak mereka tau lah kayak gimana permainan anak-anak tempo doeloe. Maturnuwun…

No comments: